MENGENAL TAMAN PURBAKALA BATUPAKE GOJENG

Bila kita Membahas objek wisata yang ada di kabupaten sinjai takkan ada habisnya. Kali ini penulis ingin  membahas salah satu objek wisata yang ada di sinjai. Taman Purbakala Batupake Gojeng. Begitu tempat ini di namai.  terletak di kelurahan biringere kecamatan sinjai utara, Kabupaten sinjai berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota sinjai.

Berada di atas bukit dengan ketinggian 125 meter dari permukaan laut. Sebuah taman yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang sehingga menjadikan tempat ini nyaman untuk bersantai sembari menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Saban hari menjelang sore selalu ramai dikunjungi baik oleh masyarakat setempat atau wisatawan yang datang dari jauh untuk mengunjungi destinasi andalan dari Sinjai.  Taman purbakala ini terbilang unik karena mengandung nilai sejarah yang sudah berumur ribuan tahun.

Keunikan dari ketinggian arkeologi dan bentukan alam ini adalah sebuah misteri yang belum terpecahkan. Ketika dilakukan penggalian penyelamatan (Rescue Excavation) pada tahun 1982, dikawasan ini ditemukan berbagai jenis benda cagar budaya (BCB) bergerak seperti keramik dan pecahan-pecahannya, tembikar sejumlah kecil fragment keramik blue underglass serta gigi buvidae, yang diperkirakan dari zaman Dinasty Ming, fosil kayu dan peti mayat. Taman Purbakala memiliki nilai historis tersendiri dimana memiliki tiga tinggalan seperti tinggalan megalitik, artifak, dan ekofak. Tinggalan megalitik  terbukti dengan adanya batu berlubang yang berdiameter sangat variatif yaitu antara 15 cm hingga 70 cm. Meskipun demikian secara umum ukuran diameter lubang berkisar 25 cm, 40 cm, dan 50 cm dengan kedalaman 35-60 cm yang merupakan ukuran dominan secara acak dan tersusun, seperti satu lubang besar yang dikelilingi oleh sejumlah lubang kecil atau sederet lubang kecil diapit oleh dua buah lubang besar, sepasang lubang sejajar dengan ukuran yang sama atau berbeda, dan sebagainya. Tinggalan arkeologi lainnya dengan adanya Menhir-menhir kecil yang berukuran tinggi 12-47 cm, lebar antara 20-23 cm. sedangkan  peninggalan megalitik yang paling utama dengan terdapatnya bongkahan alami yang memiliki ukuran yang bervariasi. Dan tinggalan batu berpahat persegi yang merupakan titik pusat dari variasi batu berpahat lainnya. Salah satu dari batu berlubang persegi (yang terbesar) hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar situs Batu Pake Gojeng sebagai bekas makam Raja-raja keturunan Raja Batu Pake Gojeng yang pertama. 
Bukti peninggalan arkeologisnya telah dirapikan dibuat dengan jalan setapak sebanyak 120 buah anak tangga menuju bukit dan dijadikan lokasi obyek daya tarik wisata baik alam maupun budaya. Di dalam areal situs berbagai pohon dapat kita jumpai  seperti cemara (casuarinas sp), pohon cenrana yang sudah cukup tua, kalumpang (Stercuilla), kelapa (Cocos Nucivera), Kamboja (Plumera accuminata), Akasia (Casia sp), serta Bougenville (Bougenvillea spectabilis). Pemerintah kabupaten sinjai terus menambah fasilitas yang ada di temapat ini seperti renovasi rumah adat Taman Purbakala serta fasilitas lainnya seperti tempat permandian yang telah tua yang diyakini tempat permandian para raja-raja, refreshing kid dengan taman bermain anak-anak seperti ayunan dan luncuran, Gazebo sebagai tempat bercengkrama para pelesiran yang menikmati panorama kota Sinjai dan sekitarnya serta berbagai fasilitas lainnya. Di tempat ini juga pengunjung di manjakan dengan  fasilitas Wi-fi Gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai.
Dari puncak Bukit Batupake Gojeng ini Anda bisa melihat pusat kota Kabupaten Sinjai dengan pemandangan alam yang demikian indah dilatarbelakangi oleh hijaunya perkembangan hutan mangrove sinjai (Hutan Bakau) di desa Tongke-tongke kec. Sinjai Timur dan jejeran pulau-pulau sembilan (gugusan pulau-pulau kecil) yang masih menjadi wilayah kabupaten Sinjai. Di  puncak Taman Purbakala Batu Pake Gojeng merupakan Benteng pengintaian dan markas pertahanan Jepang dengan kemudahan mengawasi kapal laut yang melintasi Teluk Bone maupun pesawat terbang sekutu
Semoga tulisan ini membuat pembaca penasaran dan ingin mengunjungi Taman Purbakala Batu Pake Gojeng yang ada di Kabupaten Sinjai.

-AYO KE SINJAI-

Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

3 Comments

Previous Post Next Post